Mencari Obat dan Terapi untuk Carpal tunnel syndrome tanpa Operasi

Category: Blogging, Sharing 0 13

Gini ceritanya nih ya? Kan selama 2 tahun ini istriku hampir nonstop mencatat dan menulis keuangan Bosspulsa.com, yang sebelumnya aku handle. 2 tahun itu otomatis membuat daerah pergelangan tangan istriku merasakan nyeri-nyeri tidak karuan, maksudnya tidak karuan apa penyakitnya.

Berbagai cara misalnya memijat sudah dilakukan namun itu semua tidak kunjung membawa kesembuhan di pergelangan tangan istriku. selama ini hanya menduga dan menduga suatu saat istriku Googling dan menemukan bahwa gejala penyakit yang dialaminya mirip dengan  Carpal tunnel syndrome.

Apa itu Carpal Tunnel Syndrome?
Jawabannya saya temukan dengan cara Googling dan saya memilih wikipedia untuk menjawab pertanyaan ini:

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) adalah penyakit di pergelangan tangan karena penggunaan berulang. Penyebabnya belum diketahui secara pasti namun dapat dianggap sebagai saraf yang tertekan oleh carpal tunnel. Penyakit ini umumnya diturunkan secara genetis.

Gejala CTS adalah perasaan kaku di jempol, jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Hal ini terjadi di malam hari. Bila tidak ditangani, CTS dapat menyebabkan kerusakan saraf. Rasa sakit ini dapat terjadi dengan kuat sehingga penderita terbangun dari tidur.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/f0/Carpal-Tunnel.svg/190px-Carpal-Tunnel.svg.png

 

 

Perawatan CTS

 

adalah dengan injeksi corticosteroid. Selain itu juga dengan operasi untuk m

emotong transverse carpal ligament.

CTS mulai diselidiki pa

da tahun 1950-an, namun gejalanya telah dikenal sejak lama. Pada 1854, Sir James Paget adalah orang pertama yang melaporkan saraf tertekan di pergelangan tangan karena retak tulang.

Saya sendiri sedang mencari terapi yang tanpa operasi.
Saya belum menemukan hingga saat ini.

Hingga tanggal 31 Januari 2012, saya searching dan saya menemukan alamat url ini:

http://astaqauliyah.com/2007/02/carpal-tunnel-syndrome/

Saya potong bagian untuk pengobatannya saja adapun definisinya seperti yang di atas saya. Menurut yang ditulis Astaqauliyah.com
TERAPI untuk Carpal Tunnel Syndrome yaitu:

Kurangi beban Tangan
Bila memang keluhan terjadi pada Anda, dan berhubungan dengan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari, maka penanggulangan terpenting adalah mengurangi beban penggunaan tangan Anda. Istirahatkan tangan atau pergelangan tangan Anda, sekurang-kurangnya 2 minggu. Dengan demikian, proses peradangan akan mereda, dan mengurangi penekanan pada saraf medianus.

Bila memungkinkan, bahkan sangat dianjurkan untuk mengganti jenis pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan. Hal ini sangat penting, karena dengan meneruskan aktivitas, sindroma terowongan karpal akan menjadi semakin berat dan semakin sulit diobati. Lebih lanjut, bila suatu pekerjaan atau aktivitas telah diketahui dapat memicu penyakit ini, bukan mustahil sindroma terowongan karpal akan berulang kembali bila aktivitas/pekerjaan tersebut dilanjutkan.

Hidroterapi dan Splint
Anda dapat pula melakukan hidroterapi (terapi air) kontras di rumah. Pada beberapa studi, hidroterapi kontras telah dibuktikan cukup efisien dalam meningkatkan sirkulasi darah pada daerah yang sakit. Selain itu teknik ini cukup mudah. Caranya, rendamlah tangan Anda dalam air panas selama 3 menit, kemudian lanjutkan dengan merendam dalam air dingin selama 30 detik. Ulangi cara ini sebanyak 3 hingga 5 kali. Metode ini akan meningkatkan sirkulasi lokal, dan dengannya meningkatkan pasokan nutrisi serta oksigen, membuang berbagai sisa metabolisme, mengurangi konsentrasi zat-zat mediator inflamasi (peradangan), dan akhirnya meredakan nyeri.

Pergelangan tangan sebaiknya di-imobilisasi dengan menggunakan belat pergelangan tangan (wrist splints). Kegunaan belat pergelangan tangan adalah untuk mensupport dan membatasi gerakan pergelangan tangan. Penggunaan belat umumnya pada saat olahraga untuk mencegah cedera, namun pada sindroma terowongan karpal, belat pergelangan tangan sebaiknya digunakan sepanjang hari. Belat digunakan selama beberapa minggu atau bulan, bergantung kepada derajat beratnya masalah.

Obat, Makanan, dan Suplementasi untuk Penderita Carpal Tunnel Syndrome
Sindroma terowongan karpal dapat ditanggulangi dengan obat-obatan. Penggunaan obat-obatan sebaiknya didiskusikan dulu dengan dokter. Beberapa jenis obat antara lain : golongan anti-inflamasi nonsteroid (aspirin, ibuprofen, naproxen); cyclooxygenase-2 inhibitors (COX-2 inhibitors : celecoxib, rofecoxib, dan meloxicam); dan kortikosteroid (injeksi atau oral, misal : metil-prednisolon, prednison).
Suplementasi vitamin B6 (piridoksin) dan B2 (riboflavin) diduga efektif dalam penanganan sindroma terowongan karpal. Dosis yang dianjurkan untuk vitamin B6 adalah 50-200 mg/hari, sedangkan vitamin B2 sebanyak 10 mg/hari.

Makanan yang dianjurkan sebaiknya sayur-sayuran hijau yang segar, biji-bijian atau kecambah, serta gandum. Anda dapat pula mengkonsumsi suplemen seperti St. John’s wort, willow bark, billberry, calendula, chamomile, celery seed, passion flower, dan valerian.

Latihan Peregangan untuk penderita Carpal Tunnel Syndrome
Bila gejala-gejala telah berkurang, Anda dapat melakukan latihan peregangan (stretching). Caranya :

1. Rentangkan lengan Anda ke samping;
2. Kepalkan tangan;
3. Tekukkan pergelangan tangan ke arah bawah, tahan selama 30 detik;
4. Ulangi langkah no.3, namun pergelangan ditekuk ke arah atas;
5. Istirahatkan lengan dan pergelangan ½ – 1 menit;
6. Lakukan latihan secara bertahap dan perlahan hingga total latihan mencapai 5 menit, namun untuk latihan yang pertama kali, jangan terlalu dipaksakan.

Latihan dilakukan sebelum memulai pekerjaan, dan pada saat-saat istirahat. Menurut para ahli, latihan peregangan ini dapat mengurangi kebutuhan untuk tindakan pembedahan (pada kasus-kasus sangat berat), hingga 50%.

 

 

Related Articles

13 thoughts on “Mencari Obat dan Terapi untuk Carpal tunnel syndrome tanpa Operasi

  1. daivi sinta

    Halo pak..gmn kbr istri bpk?apa sdh smbuh?klo blh tau akhrnya di operasi atau tdk..thx

    Reply
    1. admin

      Ga jadi Operasi, saya obati dengan minyak butbut. enak… pas dipijat namun ga bisa sembuh permanen… dicoba saja bu

      Reply
  2. herirjm

    thanks ya, saya akan coba, soalnya jari tangan sudah parah kesemutannya. semoga dengan terapi bisa berkurang

    Reply
  3. elok

    saya sebenarnya cts dengan kategori sedang. tapi sudah minum obat dan injeksi tapi ndak sembuh-sembuh. Bahkan disuruh operasi. Tapi krg sreg…..ada saran

    Reply
    1. admin

      oke mas…. istri saya dulu sering tangannya dimasukkan ke air panas akhirnya sembuh,..

      Reply
  4. rouf

    Mas Rifan, bgmna kndisi istri anda apkh sdh sembuh dr cts nya?
    sy jg mengalami cts sdh pke gelang amega dan terapi sinar inframerah sekitar 1 th lbh tp jg blm sembuh…
    jk istri anda sdh sembuh, sy minta solusi2 yg sdh dilakukan spt apa sja?
    kmd minyak but2 itu kegunannya utk apa mas Rifan?
    Mohon balasannya mad..Terimakasih sblmnya…

    Reply
    1. admin

      Sudah sembuh dari dulu mas…. direndam aja di air hangat…. sering – sering….

      Reply

Add Comment